KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melancarkan kegiatan kami dalam
menyusun makalah ini, untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Teori Organisasi
Umum dengan pokok bahasan Struktur Pasar yang bertujuan untuk memeberikan
informasi yang bermanfaat bagi pembaca.
Dalam penyusunan
makalah ini, tidak sedikit hambatan yang penyusun hadapi, namun dengan semangat
dan dibantu semua pihak akhirnya penyusunan makalah ini terselesaikan.
Penyusun sangat
menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga
kritik dan sarannya yang membangun sangat kami harapkan agar dapat berbuat
lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan dapat memberikan manfaat bagi
pembaca pada umumnya
Depok, 19 Maret 2013
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
BAB I
Pendahuluan.....................................................................................................................
Latar
belakang..................................................................................................................
Tujuan
penulisan...............................................................................................................
BAB
II
Pembahasan.....................................................................................................................
BAB
2
PEMBAHASAN
Pengertian
Struktur Pasar
Pasar
Persaingan SempurnaPasar MonopoliPasar Ologopoli
Jenis
– jenis pasar oligopoly
Pasar
Monopolistik dan Pasar Duopoli
Studi
kasus
BAB
3
PENUTUP
Kesimpulan
dan saran
Daftar
Pustaka
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Dalam
teori ekonomi, Pasar adalah proses interaksi atau tempat bertemunya antara permintaan (pembeli) dan penawaran
(penjual) dari suatu barang/jasa tertentu. Dengan demikian, proses bertemunya
atau transaksi jual beli dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan
jumlah yang diperdagangkan, yang kemudian akan membentuk harga yang disepakati
antara penjual dan pembeli.
Dengan
semakin berkembangnya atau meningkatnya permintaan, semakin berkembang pula
jumlah pasar yang ada, serta campur tangan dari pemerintah. Sehingga aktivitas
jual beli dalam pasar semakin bersaing,
yang tetap menjadikan Konsumen dan Produsen sebagai pemeran utama.
1.2. Tujuan
Penulisan
1. Mengetahui
dan memahami Pengertian Pasar secara
umum.
2. Mengetahui
dan memahami Pengertian struktur pasar
secara luas.
3. Mengaitkan
materi dengan kasus terkini atau study kasus.
1.3. Metode
Penulisan
Dalam
penulisan Makalah ini menggunakan metode pustaka dan metode searching internet.
BAB
II
PEMBAHASAN
1. Pengertian
Pasar
Pada
teori nya, pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur,
hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga
kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Secara ringkas pasar dapat di
definisikan tempat bertemunya penjual dan pembeli, penjual yang mempunyai
kemampuan untuk menjual barang/jasa, dan pembeli yang memerlukan barang/jasa,
barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang
fiat.
Klasifikasi
pasar secara umum terdapat 2 jenis :
- Pasar
tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok. Pasar
tradisional pun dapat dikenali dengan bangunan kios-kios atau gerai, los dan
dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.
- Pasar
modern
Pasar
modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan
dengan harga pas dan dengan layanan sendiri, dan biasa nya barang yang dijual
dengan menggunakan label harga atau Barcode. Pada pasar ini, pembeli tidak
dapat melakukan transaksi tawar menawar secara langsung, melainkan dengan
potongan harga (discount) yang telah
ditentukan pihak pengelola pasar, serta terdapat nya pramuniaga yang membantu
melayani pembeli. Contoh dari pasar modern adalah hypermart, pasar swalayan
(supermarket), dan minimarket.
2. Struktur
Pasar
Struktur
pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya kepada beberapa
bentuk pasar, berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan,
banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam
industri peranan media massa/iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa
ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak
sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoly, Duopoli, monopolistik dan
monopsoni).
Dibagi
kedalam beberapa jenis, yaitu :
2.1 Pasar
persaingan sempurna
Pengertian
pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan
dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sangat banyaknya/tidak
terbatas, dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama. Contoh
produknya seperti beras, kentang, gandum dan lain-lain.
Ciri-ciri
pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
1.
Jumlah perusahaan dalam pasar sangat
banyak.
2.
Produk/barang yang diperdagangkan sejenis
(homogen).
3.
Konsumen memahami sepenuhnya keadaan
pasar.
4.
Tidak ada hambatan untuk
keluar/masuk bagi setiap penjual.
5.
Pemerintah tidak campur tangan dalam
proses pembentukan harga.
6.
Penjual atau produsen hanya berperan
sebagai price taker (pengambil harga).
7.
Sensitive terhadapa perubahan harga.
8.
Harga ditentukan mekanisme pasar
permintaan dan penawaran (demand and supply).
Aplikasi
:
1.
Produsen secara indivigual tidak
dapat mempengaruhi harga.
2.
Harga ditentukan oleh pasar.
3.
Produsen sebagai price maker.
4.
Kurva sejajar sumbu horizontal.
Dalam pasar
persaingan sempurna, keputusan mengenai jumlah output perusahaan secara
individual tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan untuk keputusan mengenai
penentuan harga, kurva permintaan menggambarkan secara horizontal, oleh karena
itu harga dianggap konstan, berapapun output yang dihasilkan. Dengan demikian
maka laba total akan didapat pada saat: MR = P = MC sepanjang P > AVC.
Contoh dalam kehidupan nyata adalah pasar ikan di muara angke,ada banyak penjual yang
menjual ikan dengan macam-macam jenis yang sama tapi tidak pernah sepi karena
banyak konsumen yang datang untuk membeli ikan disitu karena mereka tahu untuk
kualitas ikan di situ.
2.2 Pasar
persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis lagi diantaranya :
A. Pasar monopoli
Arti dari pasar monopoli adalah
suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu
penjual/produsen yang menguasai terhadap
permintaan banyak pembeli atau konsumen.
Pasar monopoli timbul akibat adanya
praktek monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku
usaha/penjual yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas
barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan
dapat merugikan kepentingan umum.
Pasar Monopoli yang tidak dilarang :
1.
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk
cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang
banyak.
2.
Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh
secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
3.
Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan
intelektual
Sifat-sifat pasar monopoli :
1.
Hanya terdapat satu penjual atau
produsen yang menguasai penawaran.
2.
Harga dan jumlah kuantitas produk
yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
3.
Umumnya monopoli dijalankan oleh
pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak.
4.
Sangat sulit untuk masuk ke pasar
karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
5.
Hanya ada satu jenis produk tanpa
adanya alternatif pilihan atau tidak ada barang pengganti (close substitute).
6.
Tidak butuh strategi dan promosi
untuk sukses.
Pasar
monopoli disebabkan beberapa hal sebagai berikut :
1.
Adanya Undang-undang tentang pasar
monopoli (undang-undang Monopoli), atas pertimbangan pemerintah, maka
pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. Pos dan Giro,
PT. PLN. PT. KAI. PT.PERTAMINA
2.
Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi
yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul
kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut.
3.
Hasil cipta atau karya seseorang
yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan
istilah hak paten atau hak cipta.
4.
Sumber daya alam. Perbedaan sumber
daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh satu daerah tertentu
seperti timah dari pulau Bangka.
5.
Modal yang besar, berarti mendukung
suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan penguasaan terhadap suatu bidang
usaha.
Kelebihan
Pasar Monopoli :
1.
Mampu mengakumulasi laba super
normal dalam jangka panjang.
2.
Menghasilkan output yang besar
melalui peningkatan efisiensi.
3.
Mampu meningkatkan investasi
ekonomi.
4.
Meningkatkan kesehatan masyarakat
melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing).
5.
Keuntungan penjual yang cukup
tinggi.
6.
Untuk produk yang menguasai hajat
hidup orang biasanya diatur pemerintah.
Kelemahan
Pasar Monopoli
1.
Hilang atau berkurangnya tingkat
kesejahteraan konsumen
2.
Menimbulkan eksploitasi terhadap
konsumen dan pekerja
3.
Memburuknya kondisi makroekonomi
nasional
4.
Membruknya kondisi perekonomian
Internasional
5.
Pembeli tidak punya pilihan lain
untuk membeli barang
6.
Keuntungan hanya terpusat pada 1
perusahaan
Contoh
nyata adalah pada waktu penjajahan, belanda menguasai setiap rempah-rempah yang
ada di indonesia dengan membelinya sesuai dengan harga yang ditentukan oleh
belanda. PT.KAI kereta api di Indonesia hanya dimiliki atau dikelola oleh
PT.KAI
B. Pasar Monopolistik
Bentuk
pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi
memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Pasar monopolistic merupakan pasar
yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya, sedangkan unsur
persaingan pada banyak penjual yang menjual produk sejenis. Seperti shampoo,
pasta gigi dan lain-lain.
Sifat-sifat
pasar monopolistik :
1.
Untuk unggul diperlukan keunggulan
bersaing yang berbeda.
2.
Mirip dengan pasar persaingan
sempurna.
Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda.
3.
Produsen atau penjual hanya memiliki
sedikit kekuatan merubah harga.
4.
Relatif mudah keluar masuk pasar.
Contoh dalam kehidupan nyata, seperti
makanan ringan seperti tahu HOT Jeletot, mungkin secara konsep sama dengan para
pedagang gorengan/tahu goreng yang lain, namun HOT jeletot memiliki perbedaan
pada rasa, yakni rasa pedas yang amat sangat. Dan itulah salah satu strategi
pedagang, yang dapat dibilang masuk kategori monopolistic.
Pasar
Monopolistik memiliki kebaikan sebagai berikut :
1.
Banyaknya produsen di pasar
memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik
baginya.
2.
Kebebasan keluar masuk bagi
produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan
produknya.
3.
Diferensiasi produk mendorong
konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat
membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4.
Pasar ini relatif mudah dijumpai
oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar
monopolistic
Selain
memiliki kebaikan, Pasar Monopolistik juga memiliki kelemahan sebagai berikut :
1.
Pasar monopolistik memiliki tingkat
persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan.
Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan
cepat keluar dari pasar.
2.
Dibutuhkan modal yang cukup besar
untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya
memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3.
Pasar ini mendorong produsen untuk
selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas
pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen
C. Pasar Monopsoni
Bentuk pasar ini adalah keadaan
dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli
tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Contohnya adalah PT.
KAI.
D. Pasar oligopoli
Suatu struktur pasar/bentuk persaingan pasar
yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area
atau pasar. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari
sepuluh. Karena minimnya jumlah penjual, maka selalu ada hambatan untuk
memasuki pasar. Penetapan harga oleh para penjual harus dipertimbangkan oleh
pesaing-pesaing lain. Dengan kata lain, reaksi pesaing terhadap keputusan harga
dan output adalah paling penting dalam pasar oligopoly.
Adapun
karakteristik pasar oligopoly :
1.
Hanya sedikit perusahaan dalam
industry (few number of firms).
2.
Produknya homogen atau
terdiferensiasi (homogen or differentiated product).
3.
Pengambilan keputusan yang saling
mempengaruhi (Interdependence Decisions).
Sifat-sifat
pasar oligopoli :
1.
Harga produk yang dijual relatif
sama.
2.
Pembedaan produk yang unggul
merupakan kunci sukses.
3.
Sulit masuk ke pasar karena butuh
sumber daya yang besar.
4.
Perubahan harga akan diikuti
perusahaan lain.
Jenis-jenis
pasar Oligopoli
Berdasarkan
produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis,
yaitu :
1.
Pasar oligopoli murni (pure
oligopoly)
Oligopoli
murni adalah menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam
industri yang menghasilkan bahan mentah
atau merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan
barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada semen.
2.
Pasar oligopoli dengan pembedaan
(differentiated oligopoly)
menjual
barang berbeda, barang seperti itu
umumnya adalah barang akhir atau merupakan suatu bentuk praktek oligopoli
dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan., misalnya pasar untuk komputer,
seperti Acer, hp, Asus, IBM dan lain-lain.
Produk-produk air
mineral dalam kemasan merupakan salah satu contoh bentuk praktek pasar
oligopoli murni, sebab produk yang ditawarkan merupakan barang yang bersifat
identik.
Kelebihan
pasar Oligopoli
1.
Memberi kebebasan memilih bagi
pembeli.
2.
Mampu melakukan penelitian dan
pengembangan produk.
3.
Lebih memperhatikan kepuasan konsumen
karena adanya persaingan penjual.
4.
Adanya penerapan teknologi baru.
Kekurangan
pasar Oligopoli :
1.
Menciptakan ketimpangan distribusi
pendapatan.
2.
Harga yang stabil dan terlalu tinggi
bias mendorong timbulnya inflasi.
3.
Bisa timbul pemborosan biaya
produksi apabila ada kerjasama antar oligopolies karena semangat bersaing
kurang.
4.
Bisa timbul eksploitasi terhadap
pembeli dan pemilik factor produksi.
5.
Sulit ditembus/dimasuki
perusahaan/produsen baru.
6.
Bisa berkembang kearah monopoli.
E. Pasar Duopoli
Duopoli
adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua
perusahaan.
Contoh:
Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
• Studi Kasus
Pada
era globalisasi ini, persaingan dalam pasar sangat sengit yang melibatkan
hampir semua jenis usaha, baik itu usaha jasa, atau pun perdagangan. Dalam
dunia teknologi terlebih lagi sangat padat merayap, karena manusia yang
dituntut untuk lebih produktif, efektif, efisien dalam kehidupan sehari-hari.
Dari kebutuhan itulah, para produsen elektronik khususnya Smartphone bersaing
untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yang memang dapat memenuhi tuntutan diatas.
Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi,
kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai computer. Samsung adalah salah satu
produsen Smartphone terbesar didunia saat ini. Kemunculan Samsung dalam dunia
ini dapat dibilang sangat signifikan perkembangannya, terbukti pada
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
Dari makalah yang
kami buat ada point – point penting tentang Materi Struktur Pasar, yaitu :
- Struktur pasar adalah Penggolongan berbagai jenis pasar
berdasarkan strukturnya.
-
Struktur pasar biasanya dibagi
kedalam beberapa jenis, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan
tidak sempurna.
- Pasar persaingan sempurna adalah
persaingan yg terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan
produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
- Pasar persaingan tidak sempurna
biasanya dibagi beberapa jenis, yaitu Pasar monopoli, Pasar oligopoly, Pasar
monopolistic, Pasar oligopsoni, dan Pasar duopoly.
Saran :
Tentunya ada
kekurangan tentang makalah kami, kerena itu kami berharap banyak untuk para
pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang membangun agar sempurnanya makalah di kesempatan -
kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi para pembaca, khususnya
bagi pembaca yang membutuhkan ilmu dari makalah kami.
DAFTAR PUSTAKA
0 comments:
Post a Comment