Recent Posts

Friday, May 10, 2013

11:17 PM

-->

1.    Pendahuluan 

            Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya Saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul Organisasi Profit (Acer Group). Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Teori Organisasi Umum 1.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat Saya harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi teman – teman mahasiswa dan masyarakat serta dapat bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

2.    Teori

            Organisasi dalam bahasa Yunani : organon - alat adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Beberapa definisi tentang Organisasi:

            Menurut ERNEST DALE:
            Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
            
             Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

CIRI-CIRI ORGANISASI:

Ø  Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
Ø  Dikembangkan untuk mencapai tujuan
Ø  Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
Ø  Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.


Terdapat 2 jenis organisasi yaitu :

1.       Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal didalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter). Organisasi nirlaba meliputi gereja, sekolah negeri, derma publik, rumah sakit dan klinik publik, organisasi politis, bantuan masyarakat dalam hal perundang-undangan, organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, asosiasi profesional, institut riset, museum, dan beberapa para petugas pemerintah

2.       Organisasi laba adalah suatu organisasi bersasaran untuk mencari keuntungan atau laba, organisasi laba yang telah memiliki sumber pendanaan yang jelas, yakni dari keuntungan usahanya. organisasi Laba meliputi PLN, Pertamina,kantor pos indonesia  dan Lain-lain.

Kedua jenis organisasi ini sama-sama memiliki tujuan dan dibutuhkan kerja sama yang baik diantara anggota organisasi tersebut  untuk mencapai tujuan organisasinya. Namun dibalik persamaan-persamaan tersebut banyak hal yang membedakan antara organisasi nirlaba dengan organisasi lainnya (laba). Dalam hal kepemilikan, tidak jelas siapa sesungguhnya ’pemilik’ organisasi nirlaba, apakah anggota, klien, atau donatur. Pada organisasi laba, pemilik jelas memperoleh untung dari hasil usaha organisasinya. Dalam hal pendanaan, organisasi nirlaba membutuhkannya sebagai sumber pendanaan. Berbeda dengan organisasi laba yang telah memiliki sumber pendanaan yang jelas, yakni dari keuntungan usahanya. Dalam hal penyebaran tanggung jawab, pada organisasi laba telah jelas siapa yang menjadi Dewan Komisaris, yang kemudian memilih seorang Direktur Pelaksana. Sedangkan pada organisasi nirlaba, hal ini tidak mudah dilakukan. Anggota Dewan Komisaris bukanlah ’pemilik’ organisasi.

Disini saya akan lebih menfokuskan untuk contoh dalam organisasi laba yaitu organisasi   Acer Group ,Didirikan pada tahun 1976, Acer peringkat terbesar di dunia diantara lima vendor PC bermerek. Pada tahun 2000, Acer spin-off operasi manufaktur untuk fokus pada pengembangan sumber daya berteknologi maju, user-friendly solusi. Keputusan untuk mendukung penjualan lini produk melalui kegiatan pemasaran khusus yang memanfaatkan jalur distribusi terbaik, ini memungkinkan Acer untuk mencapai hasil yang sangat baik di seluruh dunia.

Motto Acer group      :   “ Acer Understand”
Visi Acer group           :   menjadi nomor 1 didunia
Misi Acer group        :  misi jangka panjang Acer adalah untuk memecahkan hambatan-hambatan antara manusia dan teknologi. kami berkomitmen untuk mengembangkan easy to use, produk yang diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami, telah mengarah pada penciptaan Pemberdayaan Teknologi yang unik, yang dirancang untuk memastikan bahwa pelanggan kami menerima manfaat penuh dari masing-masing dan setiap terobosan teknologi. Pemberdayaan melalui perangkat keras, perangkat lunak dan layanan .


Sejarah Perusahaan Acer

Didirikan di Taiwan oleh Stan Shih , Acer adalah produsen multinasional elektronik. 
       Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Grup pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100 negara. Pendapatannya pada 2002 adalah US$12,9 miliar. Kantor pusatnya terletak di Kota Sijhih, Taipei County, Taiwan.  Inilah tahap-tahapnya :

Tahap: 1 – 1976-1986: mengkomersilkan teknologi mikroprosesor.
Pada tahap pertama sepuluh tahun pembangunan, Acer membentuk budaya perusahaan yang didasarkan pada keyakinan perusahaan pendiri ‘dalam “kebaikan alam manusia.” Anggapan ini dicontohkan oleh penawaran saham kepada seluruh karyawan. Selama tahap dalam sejarah Acer, perusahaan secara signifikan memberikan kontribusi terhadap popularisasi komputer di Taiwan.

Tahap: 2 – 1987-1995: Membangun merek terkemuka dan menuju ke dunia global
Pada tahun 1987, Multitech secara resmi dikenal sebagai Acer, menandai awal usaha dari acer dan acer merupakan nama yang kuat. Selama tahap sepuluh tahun kedua perkembangan, Acer tumbuh secara luas dan dikembangkan baik secara strategis maupun geografis. Perusahaan ini tumbuh menjadi peringkat merek PC 8 terbesar di dunia.

Tahap: 3 – 1996-2000: Tawarkan Teknologi segar untuk semua orang
Selama perayaan ulang tahun ke-20 perusahaan, tahap ketiga perkembangan diluncurkan, termasuk tujuan-tujuan dasar untuk inovasi teknologi dan penyederhanaan operasi. Prioritas utama ditempatkan pada memberikan teknologi, terjangkau untuk kepentingan konsumen di seluruh dunia.

Fase: 4 – 2001-luar: Transform dari manufaktur ke layanan
Sejak mendirikan perusahaan pada tahun 1976, Acer telah berkembang dari sebuah kelompok besar manufaktur untuk sebuah merek komputer yang diakui secara global, pemasaran produk dan jasa didunia IT.
acer saat ini.

Bagan organisasi acer group


3.    Pembahasan

        Sebagai suatu organisasi profit besar yang membantu dalam tekhnologi di Indonesia , Acer group sangat membutuhkan pemimpin dan anggota-anggota yang profesional agar tujuan dari organisasi ini dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Seorang pemimpin harus dapat menjadi motivator bagi bawahan dan rekan-rekannya dalam bekerja apabila semangat mereka mulai menurun. menjadi seorang pendengar yang baik terhadap keluhan-keluhan yang muncul dari para costumer mereka dan juga sebagai pengambil keputusan dan seorang pemecah masalah.

        Menurut saya Acer grup adalah salah satu organisasi profit yang berhasil mencapai tujuan mereka dalam melayani costumer mereka di Indonesia . Contohnya adalah proses pembelian barang yang mudah dan pelayanan service center yang ada dan juga support center yang telah merambah dunia bloging dan social networking seperti facebook dan twitter . Dari contoh yang saya sebutkan diatas menandakan bahwa banyaknya inovasi-inovasi baru yang muncul itu adalah hasil dari mendengarkan dan mencari solusi  dari seorang pemimpin yang profesional.
        maka seorang pemimpin yang profesional dan handal adalah salah satu kunci sukses dalam mencapai tujuan dari suatu organisasi.

Hary Susanto
13111256 (2 KA 06)
Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment