Recent Posts

Saturday, May 11, 2013

12:02 AM

Uang, Bank dan Penciptaan Uang (Resume)

Uang
Uang adalah alat tukar yang sah di suatu negara ya. Bila mana disuatu Negara tidak terdapat uang maka Negara tersebut dapat dikatakan Negara zaman batu sebab kenyataan nya sekarang ini semua Negara memiliki uang sebagai alat tukar atau jual beli . Dengan uang kita bisa beli makanan atau barang-barang yang kita butuhkan. Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda, di negara kita ini bermata uang Rupiah.

Bank
Bank adalah tempat dimana konsumen(nasabah) menyimpan uang, bertransaksi uang dan bisa juga sebagai pertukaran uang. Bank di Indonesia berpusat pada Bank Indonesia (BI) sebagai bank central. Banyak bank yang terdapat di Indonesia, dari yang swasta sampai yang dikelola oleh pemerintah.

Nilai mata uang kita kecil dibanding dengan mata uang di negara lain karena negara kita lebih banyak yang namanya defisit, jadi secara jelas kalau negara kita lebih banyak import di banding export jadi otomatis yang import barang ke negara kita lebih banyak sehingga kita harus membayarnya dengan mata uang negara tersebut dan sedangkan yang export lebih dikit, jadi kita lebih banyak utang kepada negara lain dibandingkan kita mendapat uang dari negara lain buat negara kita.

Sebenarnya mata uang Indonesia terlalu besar yaitu dari 100-100.000. Pemerintah sudah berencana untuk melakukan Redenomisasi atau penyederhanaan nominal uang. Tetapi karena mungkin orang Indonesia belum terbiasa dengan mata uang yang kecil sehingga Redenomisasi belum terwujud hingga sekarang ini.

0 comments:

Post a Comment